Kamis, 24 November 2011

Kelainan Dan Gangguan Pada Sistem Pencernaan Manusia

Nama   : Muhammad Osen
Nim      : 09222041
Tugas  : Fisiologi Hewan

Kelainan Dan Gangguan Pada Sistem Pencernaan Manusia
1.      Apendiksitis adalah peradangan dari apendiks dan merupakan penyebab abdomen akut yang paling sering. Apendiksitis dapat diartikan radang apendiks, suatu tambahan seperti kantung yang tak berfungsi terletak pada bagian inferior dzri sekum. Penyebab yang paling umum dari apendisitis adalah abstruksi lumen oleh feses yang akhirnya merusak suplai aliran darah dan mengikis mukosa menyebabkan inflamasi. Apendiksitis merupakan penyakit prototip yang berlanjut melalui peradangan, obstruksi dan iskemia di dalam jangka waktu bervariasi . Apendiksitis akut adalah penyebab paling umum inflamasi akut pada kuadran bawah kanan rongga abdomen, penyebab paling umum untuk bedah abdomen darurat.
2.      Diare atau dalam bahasa kasar disebut menceret adalah sebuah penyakit di mana penderita mengalami rangsangan buang air besar yang terus-menerus dan tinja atau feses yang masih memiliki kandungan air berlebihan. Di Dunia ke-3, diare adalah penyebab kematian paling umum kematian balita, dan juga membunuh lebih dari 1,5 juta orang per tahun.
3.      Gastritis adalah peradangan pada lapisan perut, dan memiliki banyak kemungkinan penyebab. Penyebab akut utama adalah konsumsi alkohol berlebihan atau penggunaan jangka panjang obat anti-inflamasi nonsteroid (juga dikenal sebagai NSAID) seperti aspirin atau ibuprofen.
4.      Gastroenteritis atau  radang lambung dan usus adalah suatu jenis peradangan yang terjadi pada saluran pencernaan, terutama pada lambung dan usus kecil, dan mengakibatkan diare akut. Peradangan dapat disebabkan oleh paparan makanan dan air yang terkontaminasi, atau oleh infeksi beberapa jenis virus atau bakteri, parasit dan efek samping dari diet berlebih dan pengobatan. Gastroenteritis (juga dikenal sebagai flu lambung, flu perut, dan virus perut, meskipun tidak terkait dengan influenza) ditandai oleh peradangan parah pada saluran pencernaan yang melibatkan baik lambung dan usus kecil menyebabkan diare akut dan muntah.
5.      Heartburn adalah perasaan terbakar yang menyakitkan di dada atau tenggorokan. Ini terjadi ketika asam lambung ke kerongkongan punggung Anda, tabung yang membawa makanan dari mulut ke perut manusia. Heartburn biasanya dikaitkan dengan regurgitasi asam lambung (refluks lambung) yang merupakan gejala utama penyakit gastroesophageal reflux.
6.      Keracunan makanan adalah sakitakibat mengkonsumsi makanan yang sudah terkontaminasi bakteri atau virus.
7.      Kolik adalah suatu gejala kompleks pada bayi yang ditandai menangis kuat dan keras, nyeri perut yang jelas dan rewel. Kolik adalah menangis dan rewel berkepanjangan selama lebih dari 3 jam sehari. Bayi yang meminum ASI ataupun susu formula dapat mengalami kolik. Sekitar 30% bayi sehat pernah mengalami kolik. Kondisi ini biasanya terjadi antara minggu kedua dan keempat setelah lahir.
8.      Konstipasi adalah pergerakan usus yang tidak kerap atau yang tidak selesa. Pergerakan usus mungkin kecil, keras atau kering. Konstipasi atau sering disebut sembelit adalah kelainan pada sistem pencernaan di mana seorang manusia (atau mungkin juga pada hewan) mengalami pengerasan feses atau tinja yang berlebihan sehingga sulit untuk dibuang atau dikeluarkan dan dapat menyebabkan kesakitan yang hebat pada penderitanya. Konstipasi yang cukup hebat disebut juga dengan obstipasi. Dan obstipasi yang cukup parah dapat menyebabkan kanker usus yang berakibat fatal bagi penderitanya.
9.      Malnutrisi adalah suatu istilah umum yang merujuk pada kondisi medis yang disebabkan oleh diet yang tak tepat atau tak cukup. Walaupun sering kali disamakan dengan kurang gizi yang disebabkan oleh kurangnya konsumsi, buruknya absorpsi, atau kehilangan besar nutrisi atau gizi, istilah ini sebenarnya juga mencakup kelebihan gizi (overnutrition) yang disebabkan oleh makan berlebihan atau masuknya nutrien spesifik secara berlebihan ke dalam tubuh.

10.  Malabsorpsi didefinisikan sebagai tidak optimalnya absorpsi lemak, vitamin, protein, karbohidrat, elektrolit, mineral, dan air. Pada dasarnya, malabsoprsi disebabkan oleh gangguan salah satu fungsi sistem pencernaan berikut: 1. Transpor transepitelial.            2. Digesti terminal. 3. Digesti intraluminal.
11.  Peritonitis atau gondong merupakan penyakit menular yang disebabkan oleh virus gondong atau Paramyxovirus A, virus ini termasuk golongan virus RNA. Merupakan penyakit infeksi akut yang disebabkan oleh virus, di masyarakat Indonesia penyakit ini disebut gondongen atau radang kelenjar gondok. Bentuk virus ini kapsid dan mempunyai virion atau beramplup. Ukuran virionnya mencapai 150 – 300 nm. Virus Paramycoviridae termasuk dalam genus Rubulavirus. Kelenjar yang diserang adalahkelenjar parotis, sublingualis, submandibularis.
12.  Parotitis adalah peradangan dari satu atau kedua kelenjar parotis, kelenjar ludah mayor yang terletak di kedua sisi wajah, pada manusia. Kelenjar parotis adalah kelenjar ludah paling sering terpengaruh oleh peradangan.
13.  Sirosis hati adalah penyakit hati menahun yang mengenai seluruh organ hati, ditandai dengan pembentukan jaringan ikat disertai nodul. Keadaan tersebut terjadi karena infeksi akut dengan virus hepatitis dimana terjadi peradangan sel hati yang luas dan menyebabkan banyak kematian sel. Kondisi ini menyebabkan terbentuknya banyak jaringan ikat dan regenerasi noduler dengan berbagai ukuran yang dibentuk oleh sel parenkim hati yang masih sehat. Akibatnya bentuk hati yang normal akan berubah disertai terjadinya penekanan pada pembuluh darah dan terganggunya aliran darah vena porta yang akhirnya menyebabkan hipertensi portal. Pada sirosis dini biasanya hati membesar, teraba kenyal, tepi tumpul, dan terasa nyeri bila ditekan.
14.  Ulkus peptikum merupakan keadaan di mana kontinuitas mukosa lambung terputus dan meluas sampai di bawah epitel. Kerusakan mukosa yang tidak meluas sampai ke bawah epitel disebut erosi, walaupun seringkali dianggap juga sebagai tukak.



Ø  Kelenjar Ludah (Grandula Saliva)
Befungsi untuk melarutkan makanan, memudahkanmenelan dan sebagai pelindung selaput mulut terhadap panas, dingin, asam dan basa. Yang terdiri dari 3 pasang, yaitu:

ü  Glandula parotis : didekat telinga, jika terinfeksi maka akan menyebabkan gondok.
ü  Glandula submandibularis : dirahang bawah
ü   Glandula sublingualis: dibawah lidah

1 komentar: